Tes kali ini tidak diikuti oleh CRT yang lain karena CRT tes di Valencia untuk menghemat biaya dan baru akan bergabung dengan tim Prototipe saat tes terakhir bulan Maret nanti.
Cuaca Sepang tadinya mendung seperti Jakarta, kondisi trek basah hingga motor para tim belum keluar dari garasinya masing-masing walau jadwal tes telah dimulai. Penundaan ini membuat para penggila MotoGP galau, ya kali lama bener mau liat pebalapnya keluar garasi.
Akhirnya hampir lewat 30 menit dari jadwal semula para rider mulai keluar dari garasi. Honda yang pertama kali keluar dengan tes rider Akiyoshi lalu diikuti oleh rider Honda yang lain. Casey Stoner memakai nomer 1 musim ini, semacam pedeh bahwa dia tak akan kalah tahun ini hehehehehe gi dah Stoner.
Ducati mengawali tes dengan tes rider Franco Battaini. Rossinya mana? Sabaarrrr.. orang sabar disayang pacar (halah). Ducati sempat membuat heboh dengan menyembunyikan penampakan Desmosedici GP12. Saat ada private tes di Jerez (awal tahun ini kalau tak salah), Ducati mengambil Carlos Checa sebagai tes ridernya. Hasil tes itu tak diberitahukan kepada media, pun perihal motor yang ditunggangi Checa. Tak ada informasi apakah motor itu adalah Desmosedici GP12.
Ketika ditanya kepada Davide Brivio, Manager The Doctor, ia menjawab itu bukan Desmosedici GP12. Nah penasaran kan. Dari akun twitter Alex Briggs, mekanik Valentino Rossi hanya didapat sebuah kode yang menyebut Desmosedici GP12 sebagai Phoenix. Halah apaan lagi coba.
Teka-teki tentang Desmosedici GP12 terjawab kemarin melalui akun twitter The Doctor. Ia meng-upload penampakan Desmosedici GP12 disertai kata-kata yang artinya kira-kira “Saudara-saudara.. inilah motor baru kami”. Desmosedici yang tadinya dikasih kode Phoenix itu tampilannya hitam. Belum ada fairing Ducati yang ciri khasnya merah. Ya sabar kali, ini kan baru tes.
Sebenarnya data teknis Desmosedici GP12 sudah dibocorkan oleh tim Cardion AB saat tim ini meluncurkan motor barunya. Desmosedici GP12 mempunyai berat 155 kg, kecepatan maksimal lebih dari 360 km perjam, daya 250 DK, kapasitas 999 cc, elektronik dari Magneti Marelli, mesin air cooled 4 tak, kopling kering multi plat, rantai regina, disc 16.5′ magnesium marchesini, gearbox enam kecepatan, chassis frame alumunium, ban Bridgestone, tangki bahan bakar 21 liter. Nah apa Desmosedici GP12 sudah kompeten? Ya belum tentu, mari lihat hasil tesnya saja.
Lalu bagaimana dengan Honda? Baik-baik saja tuh Honda. Honda juga meluncurkan motor barunya kemarin. Diberi nama Honda RC213V, 21 itu untuk abad ke 21 dan 3 nya untuk generasi mesin ketiga. Kapasitas mesin full 1.000 cc karena itu mesin dan chasisnya juga berbeda dengan motor yang lama. Honda sangat pede menghadapi musim balap tahun ini dan yakin pebalapnya bisa juara dunia lagi. Meski begitu Honda mengakui kalau Yamaha dan Ducati masih kompetitif.
Yamaha mendapat sponsor baru yang menggantikan tempat Petronas. Sponsornya adalah perusahaan oli Jepang yang bernama JX Nippon oil and energy corporation yang mengusung brand Eneos. Dengan hadirnya sponsor baru ini kemungkinan fairing motor Yamaha juga akan berubah. Eneos mempunyai warna merah, orange dan putih, jadi bayangkan saja bagaimana tampilan Yamaha nanti. Semacam warna-warni kalau semua warna Eneos diambil. Di Sepang fairing ini belum terlihat.
Hari ini Casey Stoner tak akan melanjutkan tes sesi kedua karena cedera punggung yang lama diderita. Dia akan melanjutkan tes besok. Nah lho, mitos angka 1 mulai menyerang hehehehe. Eh bukan nyumpahin lho ini. Semoga Stoner bisa pulih besok. Sementara Rossi setelah sempat ada di posisi kedua merosot ke posisi keempat setelah disodok Ben Spies. Tenang yak, ini kan baru tes sesi pertama.
Selengkapnya hasil sementara tes MotoGP Sepang adalah sebagai berikut :
1. Jorge Lorenzo - Yamaha Factory Racing - 2:02.406 - 13 lap
2. Ben Spies - Yamaha Factory Racing - 2:02.456 - 21 lap
3. Dani Pedrosa - Repsol Honda Team - 2:02.535 - 31 lap
4. Valentino Rossi - Ducati Team - 2:02.824 - 22 lap
5. Cal Crutchlow - Yamaha Tech 3 - 2:03.099 - 15 lap
6. Alvaro Bautista - Honda Gresini - 2:03.153 - 21 lap
7. Katsuyuki Nakasuga - Yamaha Factory - 2:03.418 - 15 lap
8. Hector Barbera - Pramac Racing Team - 2:03.523 - 16 lap
9. Nicky Hayden - Ducati Team - 2:03.969 - 19 lap
10. Andrea Dovizioso - Yamaha Tech 3 - 2:04.033 - 7 lap
11. Stefan Bradl - LCR Honda - 2:04.148 - 24 lap
12. Karel Abraham - Cardion AB Motoracing - 2:04.863 - 21 lap
13. Franco Bataini - Ducati Team - 2:05.292 - 15 lap
14. Casey Stoner - Repsol Honda Team - 2:07.163 - 4 lap
15. Colin Edwards - NGM Mobile Forward Racing - 2:08.240 - 12 lap
16. Ivan Silva - Avintia Racing - 2:11.267 - 12 lap
17. Jordi Torres - Avintia Racing - 2:12.816 - 20 lap
2. Ben Spies - Yamaha Factory Racing - 2:02.456 - 21 lap
3. Dani Pedrosa - Repsol Honda Team - 2:02.535 - 31 lap
4. Valentino Rossi - Ducati Team - 2:02.824 - 22 lap
5. Cal Crutchlow - Yamaha Tech 3 - 2:03.099 - 15 lap
6. Alvaro Bautista - Honda Gresini - 2:03.153 - 21 lap
7. Katsuyuki Nakasuga - Yamaha Factory - 2:03.418 - 15 lap
8. Hector Barbera - Pramac Racing Team - 2:03.523 - 16 lap
9. Nicky Hayden - Ducati Team - 2:03.969 - 19 lap
10. Andrea Dovizioso - Yamaha Tech 3 - 2:04.033 - 7 lap
11. Stefan Bradl - LCR Honda - 2:04.148 - 24 lap
12. Karel Abraham - Cardion AB Motoracing - 2:04.863 - 21 lap
13. Franco Bataini - Ducati Team - 2:05.292 - 15 lap
14. Casey Stoner - Repsol Honda Team - 2:07.163 - 4 lap
15. Colin Edwards - NGM Mobile Forward Racing - 2:08.240 - 12 lap
16. Ivan Silva - Avintia Racing - 2:11.267 - 12 lap
17. Jordi Torres - Avintia Racing - 2:12.816 - 20 lap
No comments:
Post a Comment